KHOTBAH IDUL ADHA: FENOMENA HAJI AKBAR DAN PAHALA IBADAH HAJI

OLEH:
DR. H. A. RAHMAT ROSYADI

ASSALAMU`ALAIKUM WARAHMATULLAHIWABARAKATUH
1. ALLAHUAKBAR 9 x
2. ALHAMDULILLAHILLADZI- JA`ALANALHAJJA – WAL`UMROTA LILLAH – MANISTATHO`A ILAHI SABILA
3. ASYAHADU ALLAILAHAILLAH…
4. ALLAHUMMA SHALLI…
5. U-SHINI – WA U-SHIKUM BITAQWALLAH FAQAD FAZAL MUTTAQUN
6. QALA TAALA … (WA-LILLAHI `ALANNASI HIJJUL BAITI MANISTATHO`A ILAHI SABILA)
7. QALANNABIYYU … (AL-HAJJUL MABRUR LAISA LAHU ILLALJANNAH)

HADIRIN JAMAAH IDUL ADHA, MA`ASYIRAL MUSLIMIN YANG DIMULIAKANA ALLAH SWT
ALHAMDULILLAH KITA PNAJATKAN PUJI DAN SYUKUR KEPADA ALLAH SWT YANG MELIMPAAHKAN NIKMAT SEHAT, NIKMAT ISLAM DAN NIKMAT IMAN SEHINGGA PADA PAGI HARI YANG CERAH INI KITA MASIH BISA MELAKSANAKAN SHALAT IDUL ADHA, SEMOGA SHALAT KITA DITERIMA ALLAHA SWT. AMIN YA RABBAL`ALAMIN.

MA`ASYIRAL MUSLIMIN, RAHIMAKUMULLAH
DALAM BULAN DZULHIJJAH SELALU ADA DUA PERISTIWA AGUNG DALAM BENTUK IBADAH YANG SENANTIASA DILAKUKAN SECARA BERIRINGAN OLEH UMAT ISLAM BAGI MEREKA YANG MAMPU DAN MAU MELAKSANAKANNYA YAITU IBADAH QURBAN DAN IBADAH HAJI. OLEH KARENA ITU IDUL ADHA SELAIN DISEBUT HARI RAYA HAJI JUGA DISEBUT HARI RAYA QURBAN.

IBADAH QURBAN TELAH DICONTOHKAN OLEH NABIYULLAH IBRAHIM AS BESERTA PUTRANYA ISMALI YANG TELAH BERHASIL MENUNJUKKAN KETAATAN TERHADAP PERINTAH ALLAH DAN KEIKHLASAN DALAM MENJALANKANNYA SEHINGGA MENJADI SYARIAT QURBAN BAGI UMAT ISLAM HINGGA YAUMIL QIYAMAH. MUDAH-MUDAHAN QURBAN KITA DITERIMA OLEH ALLAH SWT, KARENA ALLAH HANYA AKAN MENERIMA KETAQWAANNYA DIANTARA KITA SEMUA.

ALLAHUAKBAR WALILLAHILHAM
PADA KESEMPATAN KHOTBAH IDUL ADHA KALI INI, MARI KITA RENUNGKAN “KEUTAMAAN DAN PAHALA IBADAH HAJI” YANG DIJANJIKAN OLEH ALLAH BAGI KITA YANG MENJALANKANNYA ATAS PERINTAHKAN ALLAH SWT SEBAGAIMANA DI DALAM AL-QURAN SURAH ALI IMRAN: 97,

Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, Yaitu (bagi) orang yang sanggup Mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), Maka Sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.

MA`ASYIRAL MUSLIMIN, RAHIMAKUMULLAH
IBADAH HAJI TAHUN INI MERUPAKAN IBADAH HAJI YANG SANGAT LUAR BIASA. KENAPA? KARENA BERDASARKAN PERHITUNGAN KALENDER HIJRIYAH BAHWA WUKUF DI AROFAH TAHUN INI, DI SAUDI ARABIA JATUH PADA HARI JUMAT. MAKA PERISTIWA ITU DISEBUT SEBAGAI “HAJI AKBAR”. PERISTIWA HAJI AKABAR, TIDAK TERJADI SETIAP TAHUN, MUNGKIN SETIAP LIMA TAHUN ATAU SEPULUH TAHUNAN. MOHON MAAF, KEBETULAN SAYA DAN KELUARGA MENGALAMI IBADAH HAJI PADA TAHUN 2006 JUGA SEDANG DALAM HAJI AKBAR.

APABILA KITA INGIN MENYAKSIKAN JUTAAN ORANG BERKUMPUL, TUMPAH RUAH DI AROFAH, DI TENGAH PANASNYA MATAHARI, MAKA SAAT HAJI AKBAR ITULAH PERISTIWANYA. LEBIH KURANG ADA 4-5 JUTA ORANG BERWUKUF DI AROFAH. MEREKA DATANG DARI BERBAGAI PENJURU DUNIA. TERMASUK DARI JAMAAH HAJI INDONESIA YANG MELAKSANAKAN IBADAH HAJI TAHUN INI, JUMLAHNYA SEKITAR 155 RIBU ORANG LEBIH.

APA YANG MEMBEDAKAN HAJI AKABAR DENGAN IBADAH HAJI BIASA? PADA HAJI AKBAR ITU MASYARAKAT ARAB DI SEKITARNYA DAN WILAYAH JAZIRAH ARAB BERDATANGAN UNTUK WUKUF DI AROFAH. PEGAWAI-PEGAWAI KERAJAAN DIBEBASTUGASKAN DARI PEKERJAAN BAHKAN DIBERI BONUS, ANAK-ANAK SEKOLAH DILIBURKAN, PARA PEDAGANG JUGA SEBAGIAN BESAR TUTUP, BEGITU JUGA TKW DAN TKI YANG ADA DI WILAYAH SAUDI ARABIA DIBERI KESEMPATAN UNTUK MENGHADIRI WUKUF DI AROFAH. SUBHANAALLAH, INI MERUPAKAN KESEMPATAN YANG LANGKA DAN KEGEMBIRAAN YANG LUAR BIASA BAGI SETIAP ORANG UNTUK MEMENUHI PANGGILAN ALLAH SWT DENGAN WUKUF DI AROFAH PADA HAJI AKBAR INI.

JUTAAN JAMAAH HAJI MENUJU AROFAHA SEBAGIAN BERJALAN KAKI, DAN SEBAGIAN LAINNYA BERKENDARAAN DENGAN BERPAKAIAN IHRAM; PAKAIAN PUTIH TAK BERJAHIT; APAKAH ITU PEJABAT ATAU RAKYAT BIASA SAMA DI HADAPAN ALLAH SWT UNTUK MENDAPAT RIDHO-NYA, SERAYA MENGUCAPKAN KALIMAH TOYYIBAH “ALLAHUAKBAR, ALLAHUAKBAR, ALLAHUKABAR WALILLAHILHAM”. MEREKA JUGA MENGUCAPKAN KALIMAH TALBIYAH:
لَبَّيْكَ اللّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ
YA, ALLAH AKU PENUHI PANGGILANMU, AKU PENUHI PANGGILANMU TANPA MENYEKUTUKANMU DENGAN YANG LAINNYA. INILAH SUATU PEMBUKTIAN KEMAHAAGUNGAN ALLAH DAN KEMAHABESARAN ALLAH, KETIKA ALLAH MEMERINTAHKAN KEPADA NABIYULLAH IBRAHIM UNTUK MEMANGGIL MANUSIA SUPAYA MEMENUHI PANGGILANNYA DALAM MELAKSANAKAN IBADAH HAJI, SEBAGAIMANA ALLAH BERFIRMAN DALAM SURAH AL-HAJJ: 27-28,

“… dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus, yang datang dari segenap penjuru yang jauh, supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan.

ALLAHUAKBAR WALILLAHILHAM..
SUATU KETIKA DI AROFAH, RASULULLAH MENYURUH BILAL UNTUK MENYERU MANUSIA AGAR MENDENGARKAN TAUSIAH RASULULLAH, KETIKA ITU MATAHARI HAMPIR TENGGELAM MENJELANG MAGRIB. LALU BILAL BERSERU: “ANSITU, ANSITU, LI RASULILLAH. SETELAH MANUSIA DI AROFAH ITU BERHENTI UNTUK MENDENGARKAN TAUSIAH RASULULLAH, MAKA RASUL MENYAMPAIKAN PESAN…
WUKUF DI AROFAH MERUPAKAN PUNCAK DARI IBADAH HAJI, YAITU SETIAP ORANG YANG MELAKSANAKAN IBDAH HAJI, BAHKAN YANG SAKIT SEKALIPUN WAJIB HUKUMNYA UNTUK HADIR DI AROFAH SEBAGAIMANA SABDA RASULULLAH SAW “ALHAJJU AROFAH”. SAAT JAMAAH HAJI DI AROFAH ITULAH, ALLAH SWT MEMBANGGAKAN KEPADA PARA MALAIKAT UNTUK MEYAKSIKAN BAGAIMANA HAMBA-HAMBANYA TELAH BERDATANGAN DARI SELURUH PENJURU BUMI UNTUK MENEMUI RABB-NYA, BAGAIKAN DI PADANG MAHSYAR NANTI. SEBAGAIMANA DISAMPAIKAN OLEH RASULULLAH SAW:

ALLAHUAKBAR WALILLAHILHAM..
OLEH SEBAB ITULAH, BAGI HAMBA-HAMBANYA YANG MELAKSANAKAN IBADAH HAJI, MAKA ALLAH SWT MEMBERIKAN BERBAGAI PAHALA IBADAH HAJI YANG TIDAK ADA TANDINGANNYA DENGAN IBADAH LAINNYA SEBAGAIMANA DISAMPAIKAN RASULULLAH SAW:

1. DIAMPUNKAN SEGALA DOSANYA, SABDA RASULULLAH SWA:

2. MENDAPATKAN BALASAN SURGA, SABDA RASULULLAH SWA:

3. PEMBIAYAAN YANG DIKELUARKAN AKAN DIGANTI 700 LIPAT, SABDA RASULULLAH SAW:

4. MENDAPATKAN PAHALA JIHAD, SABDA RASULULLAH SWA:

MATI DALAM PERJALANAN HA

5. MATI DALAM MENJALANKAN IBADAH HAJI SAM DENGAN MATI DI JALAN ALLAH, SABDA RASULULLAH SAW:

6. DITERIMA DOANYA UNTUK ORANG LAIN YANG MEMINTA, SABDA RASULULLAH:

ALLAHUAKBAR WALILLAHILHAM..
TENTU SAJA IBADAH HAJI YANG AKAN DIBERI PAHALA OLEH ALLAH ITU ADALAH MEREKA YANG IBADAHNYA IKHLAS KARENA ALLAH “MUKHLISHINA LAUDDIN”. IBADAH KARENA KETAATAN DALAM MENJALANKAN PERINTAHNYA. PERGI HAJI HANYA MEMENUHI PANGGILANNYA, BUKAN UNTUK RIA, BUKAN UNTUK MEMBANGGKAN DIRI ATAU PERGI HAJI KARENA SELAIN ALLAH. OLEH SEBAB ITULAH RASULULLAH MENGINGATKAN KEPADA KITA DISUATU SAAT NANTI BAHKAN SEKARANG PUN TERJADI BAHWA TIDAK SEDIKIT MEREKA YANG MENJALANKAN IBADAH HAJI ITU BUKAN KARENA ALLAH SEBAGAIMANA SABDANYA:
DIAKHIR KHOTBAH INI MARILAH KITA BERDOA UNTUK PARA JAMAAH HAJI YANG SAAT INI SEDANG WUKUF DI AROFAH, KHUSUSNYA BAGI MASYARAKAT PAREMONO, UMUMNYA BAGI SELURUH JAMAAH HAJI DI INDONESIA, SELURUH JAMAAH HAJI DI DUNIA, MUDAH-MUDAHAN MENJADI “HAJI MABRUR”, IBADAHNYA DITERIMA ALLAH SEBAGAIMANA ALLAH JANJIKAN MELALUI SABDA RASULULLAH “AL-HAJJUL MABRUR LAISA LAHU ILLALJANNAH” TIDAK ADA BALASAN BAGI HAJI MABRUR KECUALI SURGA.
BAGI KITA YANG BELUM SEMPAT PERGI IBADAH HAJI KITA BERDOA KEPADA ALLAH MUDAH-MUDAHAN DAPAT SEGERA MEMENUHI PANGGILANYA DISERTAI DENGAN BERUSAHA DAN BERTAWAKKAL KEPADA ALLAH. BEGITU JUGA KITA MEMOHON KEPADA ALLAH MUDAH-MUDAHAN IBADAH QURBAN YANG KITA LAKSANAKAN DITERIMA OLEH ALLAH. AMIN YA RABBAL`ALAMIN.

A`UDZUBILLAHIMINASYAITHONIRROJIM, INNA A`THOINA KALKAUTSAR…

ALLAHUMMAJ`ALNA HAJJAN MABRURA…

ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR WALILLAHILHAM, WAQURROBBIG-FIR WARHAM WAANTA KHOERURROHIMIN. WASSALAMU`ALAIKUM.

PAREMONO
10 DZULHIJJAH 1435 H/4 OKTOBER 2014
MAGELANG, JAWA TENGAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s